Sunday 17 March 2013

Research Mind Map


Suatu penelitian akan semakin terarah saat peneliti mampu membuat mind map dalam penelitiannya. Mind map sendiri adalah suatu diagram yang digunakan untuk mem-visaulisasikan informasi atau pemikiran terhadap penelitian yang akan diteliti. Program yang biasa digunakan untuk membuat mind map adalah MindManager. Pada postingan terdahulu telah dibahas mengenai penelitian dengan topik "analisa muscoloskeletal disorder symptoms dan resiko faktor ergonomi pada suatu pekerjaan statis untuk seorang operator". 


Berikut ini merupakan contoh mind map dengan topik penelitian di atas :

Mind map di atas merupakan visualisasi dari research question pada penelitian mengenai "analisa muscoloskeletal disorder symptoms dan resiko faktor ergonomi pada suatu pekerjaan statis untuk seorang operator". Sub topik pada tiap point diberi warna hijau dan merah untuk mengetahui tingkat pemahaman seorang peneliti sebelum memulai penelitian. Warna hijau menandakan bahwa peneliti memahami topik tersebut sedangkan pada warna merah pemahaman peneliti masih kurang memahami pada topik tersebut. Pada point variable yang mempengaruhi MDS dan variable pertimbangan untuk RULA pada pekerjaan statis memiliki keterkaitan dengan pemodelan RULA pada pekerjaan statis.

Mind Map mampu membantu penulis untuk menvisualisasikan pemikirannya secara terstruktur dan sistematis. Create your mind map and enlarge your knowladge.

0 comments:

Post a Comment

 

Retno Widyaningrum Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez