Wednesday 6 March 2013

Is Research Question Important?





Pernahkah anda menulis Tugas Akhir, Thesis atau Jurnal? Dalam menulis Jurnal, Tugas Akhir atau Thesis salah satu hal penting yang harus anda perhatikan dalam menulisnya adalah anda harus mendefinisikan Research Question dalam penelitian anda.

Apakah itu Research Question? Suatu pertanyaan dalam sebuah penelitian yang jelas, terfokus, singkat dan sedang diperdebatkan atau menjadi aspek perhatian masyarakat. Pertanyaan yang Anda ajukan sebaiknya berfokus pada aspek atau topik yang memang ingin Anda bahas secara detail dalam penelitian anda. 

Mengapa pertanyaan dalam suatu penelitian penting? Pertanyaan pada penelitian membantu penulis fokus pada penelitian yang akan dikerjakan. Sehingga dari pertanyaan tersebut dapat disusun tujuan dari penelitian dan dapat diketahui langkah apa saja yang akan dilakukan dalam menyelesaikan penelitian.

Langkah-langkah penting yang dapat disusun untuk mengembangkan pertanyaan dalam penelitian adalah sebagai berikut :

1.      Pilih topik yang memberikan manfaat untuk obyek penelitian
Topik penelitian yang dipilih sebaiknya memberikan kebermanfaatan terhadap masyarakat atau perusahaan yang menjadi objek dari penelitian. Selain itu topik yang dipilih sebaiknya sesuai dengan keadaan masyarakat sehingga dapat diaplikasikan untuk masyarakat.
Contoh : Analisa beban kerja pada karyawan tekstil di pabrik X dengan metode NASA TLX.

2.      Melakukan penelitian awal pada topik penelitian
Setelah menentukan topik apa yang ingin diteliti, selanjutnya perlu dilakukan pencarian cepat dari majalah, jurnal, atau observasi pendahuluan untuk memastikan bahwa permasalahan yang akan diteliti perlu untuk dicari solusinya sehingga penlitian menjadi bermanfaat bagi masyarakat ataupun perusahaan.
1.      Penyusunan Pertanyaan
Berdasarkan pertimbangan topik dan literatur yang telah didapatkan maka dapat segera disusun beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan. Pertanyaan yang diajukan dapat berupa pertanyaan dengan menggunakan “what”, “why”, dan “how”.
Contohnya :
What à Apa yang dimaksud dengan beban kerja fisik dan mental pada karyawan?
Why à Mengapa seorang karyawan dapat mengalami kejenuhan baik fisik maupun mental dalam pekerjaannya?
How à Bagaimana cara mengukur beban kerja fisik maupun mental pada karyawan?

2.      Evaluasi Pertanyaan Anda
Setelah pertanyaan dibuat maka selanjutnya dilakukan evaluasi pada pertanyaan penelitian yan telah dibuat. Apakah pertanyaan penelitian sudah jelas? Apakah pertanyaan penelitian sudah fokus? Pada tahap ini dapat diketahui jika pertanyaan masih kurang sesuai atau fokus dapat diubah agar penelitian yang dilakukan dapat berjalan dengan efisien.

3.      Hipotesa
Hipotesa adalah sesuatu yang dianggap benar untuk alasan atau pengutaraan pendapat (teori, proposisi, dsb) meskipun kebenarannya masih harus dibuktikan; anggapan dasar; (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Sehingga argument atau anggapan anda mengenai suatu teori atau kebijakan masih perlu dibuktikan dalam suatu penelitian.

Langkah-langkah di atas mampu membantu anda dalam membuat suatu pertanyaan penelitian atau research question dengan tepat, sistematis, dan efisien.

Sudah siapkah anda memulai membuat research question yang mampu merepresentasikan ide anda dalam memecahkan permasalahan yang ada di sekitar anda? Think smart, think big, and solve the problems systematically.

Reference :
Setiawan, Ebta. 2012. Definisi atau Arti Hipotesis. Diakses di http://kbbi.web.id/.
Anonim. 2012. How to Write a Research Question. Diakses di http://writingcenter.gmu.edu/?p=307Os
Oswald. & Price. 2006. The Research Question. Diakses di http://psych.csufresno.edu/psy144/Content/Science/researchquestion.html



0 comments:

Post a Comment

 

Retno Widyaningrum Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez