Monday 15 April 2013

Identifikasi Manfaat Penelitian Kamu...


Seringkali penulis terjebak dalam dunianya sendiri saat dia melakukan penelitian. Hal ini terbukti dalam beberapa hal penulis masih belum paham dengan sangat yakin mengenai manfaat penelitiannya. Sehingga seringkali penelitian yang telah dibuat hanya bermanfaat bagi penulis sendiri, bukan perusahaan, masyarakat, ataupun karyawan suatu perusahaan yang menjadi objek penelitian. Tentunya kejadian seperti ini sangat tidak diharapkan bagi penulis.

Manfaat penelitian sebaiknya tidak hanya ditulis saja dalam penelitian. Hal ini akan jauh lebih baik saat hasil dari penelitian tersebut memberikan manfaat yang riil kepada masyarakat, perusahaan/lembaga, ataupun karyawan yang menjadi obyek pada penelitian tersebut. Sehingga ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam membuat manfaat penelitian. Aspek tersebut antara lain adalah :

1. Specific dan Measurable
Sebaiknya manfaat yang ditulis dalam penelitian sebaiknya harus bisa diukur dan spesifik. Saat suatu manfaat tidak dapat diukur tingkat keberhasilannya maka dapat dikatakan penelitian yang dilakukan akan menjadi  sia-sia karena output manfaat belum bisa diketahui kebermanfaatannya bagi objek matan. Manfaat yang dibuat sebaiknya harus Spesific yaitu menjelaskan sasaran secara jelas dan tidak membuat keambiguan.  
2. Realistic 
Manfaat yang dibuat dalam sebuah penelitian sebaiknya realistis sehingga manfaat tersebut dapat tertuju kepada pihak yang menjadi objek amatan. Jika sasaran terlalu jauh maka ketercapaian manfaat akan menjadi tidak fokus.
3.  Timely
Manfaat penelitian yang telah ditentukan sebaiknya juga diukur mengenai time horizon-nya. Time horizon disesuaikan dengan  jangka waktu yang ditentukan dalam penelitian. Sehingga dalam menentukan manfaat perlu disesuaikan dengan kemampuan dari seorang peneliti untuk menyelesaikan permasalahan dan memberikan manfaat kepada obyek amatannya.

Pada posting kali ini saya ingin menampilkan contoh manfaat dalam penelitian saya dengan judul "Early Warning System and Spread Handling Dengue Fever using Transmission Vector Approach and Knowladge Sharing".

Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian dibedakan menjadi dua yaitu manfaat bagi masyarakat pengguna sistem peringatan dini online dan manfaat bagi ahli kesehatan seperti dokter, pemerintah (Dinas Kesehatan kota Surabaya), dan praktisi, pakar atau konsultan di bidang kesehatan.
 1.  Manfaat Penelitian bagi Masyarakat
Manfaat penelitian bagi masyarakat adalah sebagai berikut :
  • Meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perkembangan penyebaran demam berdarah di  wilayahnya.
  • Meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit demam berdarah.
  • Meningkatkan taraf kesehatan bagi masyarakat Surabaya.
  2. Manfaat Penelitian bagi Ahli Kesehatan
M          Manfaat penelitian bagi ahli kesehatan adalah sebagai berikut :
  • Membantu Pemerintah (Dinas Kesehatan) Kota Surabaya untuk memprediksi perkembangan penyebaran DBD berdasarkan fungsi waktu sehingga terbentuk pemerintah daerah yang tanggap bencana penyakit DBD.
  • Bagi praktisi kesehatan dan masyarakat dapat melakukan sharing knowledge dalam hal pendeteksian penyakit serta penanganannya.
  • Membantu Pemerintah (Dinas Kesehatan) Kota Surabaya dalam melakukan kebijakan serta upaya penanggulangan penyebaran penyakit demam berdarah secara efektif dan efisien.
Manfaat penelitian tersebut menjadi acuan dalam pengerjaan tahap-tahap berikutnya dalam suatu penelitian. Sehingga manfaat yang tepat akan memudahkan penulis dalam menjalankan penelitian. 
Selamat berkarya...

0 comments:

Post a Comment

 

Retno Widyaningrum Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez